Tanggung Jawad Atas Peranku Nanti

Yup!

Baru tersadar ternyata saya memiliki tugas besar. Tugas yang tak tergantikan. Menjadi bagian dari proses regenerasi suatu peradaban. Memiliki tanggung jawab ganda atas itu semua.

Pertama, ketika saya membaca sebuah artikel yang menyatakan, banyaknya anak Palestina yang menjadi sasaran empuk rudal Israel. Baiklah. Cukup menjadi inisiator saya untuk berfikir, mengapa?

Kedua, ketika saya mengingat ibu saya yang senantiasa mengkhawatirkan keadaan saya. Mengingat hal ini, saya yakin ada sesuatu sehingga sang Pencipta, meridhoi kekhawatiran ibu saya. Walau terkadang saya risih dengan segala kekhawatiran yang ibu berikan. Terlalu berlebihan, dan dengan ego yang saya miliki, menganggap kedewasaan saya tidak mengaharuskan ibu untuk meberikan kekhawatirannya. Angkuh.

Ketiga, berdiskusi dengan sesama teman sejenis, yang melibatkan peranan saya, dan teman saya, dimasa depan. Menjadi seseorang yang bertanggung jawab atas terbangunnya sebuah peradaban, yah terpikir dibenak kami kala itu ialah menjadi sosok ibu.

Akhirnya saya mengakui, Ibu adalah fitrah saya sebagai perempuan, baik secara fungsional atau hanya sekedar panggilan.

Pagi ini saya kembali merenungi itu, Ho..Ooo! Akan seperti apakah ibu yang layak untuk buah hati saya nanti? Apa yang harus saya persiapkan saat ini untuk dapat memberikan yang terbaik pada mereka (baca: buah hati)? Semoga Allah dapat memudahkan perjalanan kehidupan ini.

Saat ini, saya hanyalah sekedar mahasiswa yang mencoba untuk belajar berbagai macam hal. Belajar untuk dicintai dan mencintai yang maha Kuasa. Belajar untuk sebuah profesi dan gelar dokter yang, Insya Allah, akan menjadi tambahan di belakang nama saya. Belajar untuk hidup dan bertahan ditengah kemelut realita. Namun sudahkah saya belajr untuk menjadi seorang ibu??? Yah pertanyaan itu terngiang – ngiang dibenak saya pagi ini.

Leave a Reply

